Sabtu, 17 Maret 2012

Cara menentukan Bentuk dan Desain Rumah

Dalam perencanaan dan pembuatan desain sangat di pengaruhi oleh keinginan dari pemilik rumah ,adapun untuk membuat perencanaan yang baik maka sangat di tentukan juga oleh kemampuan dari desainer yang diimbangi dengan pengalaman dan jiwa seni untuk membuat desain yang baik. Gimana langkah-langkah desain yag baik itu : 

  1. Tentukan tema desain yang akan di buat,bentuk yang akan dibuat ingin seperti apa kalsik ,modern atau minimalis .
  2. Luasan tanah ,kondisi tanah sangat mempengaruhi bentuk desain rumah .semakin besar maka dan luas tanahnya dapat mempermudah desain dan bentuk yang variatif yang baik.
  3. Lokasi tanah ,Lokasi juga mempengaruhi bentuk rumah , rumah yang berada di daerah sepi akan berbentuk lain dengan rumah yang berada di daerah yang rame , lalu lintasnya, di daera pasar juga lain dengan di daerah perkotaan .hal ini perlu peertibangandari arsitek untuk membuat desain yang lebih maksimal.
  4. Kemiringan tanah juga membuat jenis desain yang berbeda dengan tanah yang datar.
  5. Fungsi rumah itu sendiri juga sangat menetukan bentuk desain misalnya .rumah untuk penghuni yang banyak tentu berbeda dengan jumlah penghuni yang terbatas/sedikit.
  6. Lokasi daerah yang panas dataran rendah  juga berbeda dengan bentuk rumah yang berhawa sejuk pegunugan.

Dari kriteria itu dapat menentukan bentuk bangunan ,atap rumah ,ketebalan tembok, bentuk ruangan rumah ,denah rumah ,tampak depan, dan fungsi rumah .Sekarang kita kalau mau menentukan desain rumah membuat rumah tent aharus bisa menginformasikan kriteria-kriteria  yang ada di atas untuk dapat membuat desain rumah yang terbaik dan maksimal.