Jumat, 30 Maret 2012

Konsep Pengerjaan Borongan/kontrak Pekerjaan.


Banyak bentuk-bentuk pekerjaan Borongan yang biasanya  terjadi di masyarakat ,tentang bentuk-bentuk borongan yang terjadi di masyarakat diantaranya dapat di golongkan sebagai berikut:

1.      Borongan tenaga kerja saja sedangkan material dan pengawasan tersendiri di awasi olehpemilik langsung , hal ini terjadi karena biasanya pemilik rumah mempunyai waktu luang untukmemantau pekerjaan dan memahami tentang banyak jenis pekerjaan yang dikerjakan.

2.      Borongan Tenaga kerja dan Pengawasan pembangunan ,sedangkan pembelian material langsung oleh pemilik rumah hal ini biasanya terjadi karena pemilik rumah mempunyai harga barang bahan bangunan yang baik lebih murah dan mudah memperolehnya. sedangkan waktu yang tersedia tidak ada , hal ini dapat dilaksanakan dengan cara mensupllay barang terlebih dahulu.dengan terlebih dahuku berkonsultasi dengan konsultan perencana tentang kebutuhan material yang di perlukan oleh tukang dilapangan.

3.      Borongan Tenaga Kerja, Pengawas Pekerjaan dan Borongan Material hal ini semua pekerjaan di handle/ ditanganai langsung oleh Pemborong  dengan berpedoman pada Kontrak kerja  ,juknis dan spesifikasi pekerjaan yang telah disusun oleh konsultan perencana dan pemilik pekerjaan, sehingga pemilik Pekerjaan hanya menentukan dari awal bentuk dan spesifikasi bangunan sehingga  dengan spesifikasi itu pemborong bangunan akan mulai mengerjakan pembangunan gedung atau rumah.

Dalam hal pembangunan tersebut diatas maka masing -masing mempunyai keunggulan dan kekurangan masing masing, dan yang terpenting dalam setiap tahapan adalah semua pekerjaan harus dikerjakan dengan ketelitian dan kecermatan perhitungan untuk menghitung  semua jenis kebutuhan dan keperluan proyek.

Dalam hal menentukan bentuk borongan yang akan diambil itu semua kembali kepada Pemilik Pekerjaan atau pemilik rumah, bagaimana kondisi dan kesempatan yang ada untuk dapat  terlibat dalam proses pembangunan. Kalau pekerjaan begitu rumit maka sebagian besar semua pekerjaan akan di borongkan / dikontrakkan kepada para kontraktor Bangunan Gedung hal ini akan lebih effektif mengingat tidak ada kesempatan pemilik bangunan untuk terlibat dalam pembangunan dan tida akan menganggu dalam proses pengerjaannya justru akan mempercepat pekerjaannya..

Pengalaman yang terjadi unutk jenis pembangunan rumah sederhana / kecil upah pekerjaan di borongkan kepada  para mandor bangunan sedang kan untuk material banyak para ouwner pekerjaan dibelanjakan sendiri . hal ini terjadi karena begitu sederhananya pekerjaan yang tidak menuntut bayak perhatian .